The Training of Camera Trap Installation for Javan Leopard Monitoring

Luaran yang ingin dicapai melalui kegiatan pelatihan ini yaitu peserta dapat mengoperasikan kamera pengintai, mengetahui prosedur pengambilan data di lapangan serta mengetahui proses input data yang didapatkan di lapangan.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan secara tatap muka oleh 12 peserta. Kegiatan terdiri dari sesi materi dan sesi praktik. Pada sesi materi, pelatih memberikan materi melalui presentasi. Untuk sesi praktik, peserta diarahkan oleh pelatih dan dibantu oleh asisten. Pada sesi ini peserta mendapatkan arahan bagaimana setting kamera pengintai, pemasangan dan praktik pengambilan sampel feses macan tutul (scat sampling).

Selain penjelasan tentang camera trap, peserta juga dijelaskan mengenai apa saja kegunaan dari sampel feses dan informasi yang bisa didapatkan dari sampel feses tersebut.

Penyampaian materi dimulai dari pengenalan sekilas macan tutul, habitat dan ekologinya. Materi dilanjutkan dengan penjelasan mengenai bentuk desain survei. Peserta dijelaskan mengenai alasan penggunaan alat camera trap dalam survei macan tutul dan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam merencanakan kegiatan survei. Peserta juga dijelaskan mengenai desain survei yang akan diterapkan di Kawasan Gunung Muria.

Penjelasan mengenai penggunaan alat camera trap dalam survei macan tutul dan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam merencanakan kegiatan survei.

Pada hari kedua, dilaksanakan simulasi pemasangan kamera pengintai oleh peserta pelatihan dan dilanjutkan dengan input data dari hasil pemasangan kamera pengintai. Simulasi dimulai dengan sesi diskusi mengenai materi hari pertama yang telah disampaikan, bagaimana setting kamera dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan. Selanjutnya peserta dibagikan tally sheet untuk diisi pada saat simulasi. Teori yang telah disampaikan pada hari pertama menjadi acuan peserta dalam simulasi kali ini, mulai dari cara pemasangan, ketinggian kamera dan juga simulasi satwa yang melintas di depan kamera.

Simulasi pemasangan kamera pengintai oleh peserta pelatihan lalu dilanjutkan dengan cara memindahkan data dari hasil pemasangan kamera pengintai ke komputer.