Berpartisipasi dalam Kegiatan Sumatra-Wide Tiger Survey di Sumatera Barat

Pengambilan foto jejak satwa dan cakaran beruang.

OLEH Rini Hasanah – Hallo #sakiSINTAS, Nama saya Rini Hasanah, alumni dari Fakultas Kehutanan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Saya tertarik melakukan kegiatan magang Sumatra-Wide Tiger Survey (SWTS) karena ingin mengetahui lebih lanjut mengenai konservasi dan harimau sumatera.

Magang ini dilaksanakan selama selama tiga bulan, dari bulan Januari hingga bulan Maret 2023. Selain belajar tentang metode survei SWTS, kami juga berkesempatan untuk belajar survei okupansi dan kamera intai, serta beberapa penggunaan aplikasi untuk mengelola dan menganalisis data yang telah terkumpul.

Perjalanan menuju lokasi survey bersama tim lapangan.

Peserta magang bersama anggota tim lainnya, melakukan survei di empat lokasi. Nagari Sontang Cubadak, Nagari Simoang Dingin dan Muaro Kiawai, Jorong Talamtan Nagari Lubuk Ulang Aling, dan Jorong Batu Gajah Nagari Lubuk Ulang Aling Selatan. Setiap daerah memiliki lingkungan hutan serta ciri khas budaya yang berbeda-beda. Dari keempat lokasi survei ini, sayangnya kami tidak menemukan tanda-tanda keberadaan harimau sumatera, hanya menemukan tanda-tanda satwa mangsanya saja.

Selama magang sangatlah banyak pengalaman baru yang kami dapatkan, secara pribadi penulis belajar untuk berbaur dan mengenal lebih banyak orang.

Kami juga dihadapi beragam tantangan saat melakukan survei, seperti jalur survei yang sulit dilalui, sulitnya mengidentifikasi tanda keberaan satwa, serta cuaca yang terkadang tidak mendukung. Hal yang tidak terlupakan saat melakukan survei adalah saat kami dikejar segerombolan tawon.

Penulis berharap hasil survei yang telah kami lakukan dapat bermanfaat dan disosialisasikan ke masyarakat luas. Sehingga semakin banyak orang tahu tentang pentingnya menjaga hutan serta pelestarian satwa liar termasuk harimau sumatera.

Berfoto bersama Biodiverity Team Leaders di Kantor Yayasan SINTAS Indonesia, Kota Padang.

Penulis mengucapkan terimakasih kepada Yayasan SINTAS Indonesia terutama Biodiverity Team di Kota Padang, atas bimbingan, motivasi, pengalaman dan bantuan yang telah diberikan kepada kami selama pelaksanaan magang. Melalui magang ini banyak ilmu dan wawasan yang penulis dapatkan.